Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan Fungsi SetActive() pada unity

Menggunakan Fungsi SetActive() pada unity

Jika kalian mencari sebuah fungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan sebuah gameobjek di unity, fungsi ini adalah salah satunya.

SetActive() dapat kamu gunakan untuk melakukan hide dan unhide sebuah game objek baik itu panel, gambar, ui, text dan gameobjek lainnnya.

lalu bagaimana cara untuk mengunakannya?

caranya mudah. ok langsung saja ikuti tutorial lberikut ini.

1. Buat sebuah public game object


public GameObject panel;


2.Tambahkan void OnMouseDown() seperti di bawah ini


public void OnMouseDown(){

}

3. Script selengkapnya untuk fungsi aktif dan non aktif gameobject seperti ini


        bool a=false;
 public GameObject panel;
 // Use this for initialization
 public void OnMouseDown(){
        if(a==false){
         panel.SetActive(true);
  a=true;
 }else{
         panel.SetActive(false);
  a=false;
 }
 }

4. Perhatikan SetActive() pada script tersebut, parameter SetActive tersebut bernilai boolean true atau false.

5. untuk menjalankannya tinggal tambahkan gameobjek yang kamu ingin menyembunyikan dan menampilkan.

Cukup mudah kan menggunakan SetActive();

Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat, kalau belum paham bisa memberikan komentar.

Post a Comment for "Menggunakan Fungsi SetActive() pada unity"