Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahasa Baru Bosque dari Microsoft : Mengutamakan Bahasa yang Simple

Bahasa Baru Bosque dari Microsoft : Mengutamakan Bahasa yang Simple

Microsoft baru-baru ini memperkenalkan sebuah bahasa pemrograman baru yang diberi nama bosque.

Bosque merupakan bahasa open source  yang terinspirasi dari sintaks TypeScript, semantic ML dan Node.Js.

Tujuan utama dari lahirnya bahasa bosque adalah untuk membangun pemrograman fungsional yang dapat melampaui paradigma pemrograman struktural.

Bosque akan menghilangkan kompleksitas yang tidak diperlukan

Bosque dirancang untuk meningkatkan produktivitas pengembang dan kualitas perangkat lunak dengan berbagai compiler baru dan tool yang canggih.

Keduanya akan bekerja sama dalam menghilangkan kompleksitas yang tidak diperlukan.

Seharusnya bahasa baru membuat hal-hal baru menjadi sederhana baik untuk mesin atau manusia.

Sampai sekarang, Bosque  masih dalam tahap pengembangan dan belum disarankan untuk digunakan dalam pebuatan produksi untuk perusahaan atau masal.

Bahasa ini lebih dianjurkan untuk digunakan dalam ekperimen dalam membuat aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa fitur dan pilihan desain yang ada di Bosque :

  1. Pemrograman fungsional dikombinasikan dengan block scopes (area variable) dan kurung kurawal dengan memungkinkan beberapa penugasan untuk mengupdate banyak variable.
  2. Konstruktor Lambda menggabungkan definisi kode untuk tubuh dengan semantik salinan variabel untuk penutupan variabel yang diambil pada pembuatan lambda.
  3. Fungsi adalah nilai dan tipe kelas satu.
  4. Semua nilai tidak dapat diubah. Ini membuat pemahaman tentang efek pernyataan atau block kode di sederhanakan ketika tidak ada efek samping.
  5. String yang diketik menyediakan cara untuk mengangkat struktur yang diketahui tentang isi string ke tipe yang bermakna.
  6. kamu dapat mengaitkan parameter melalui melewati argumen referensi. Ini akan menyederhanakan situasi di mana variabel dilewatkan ke metode yang dapat menggunakan dan memperbaruinya.
  7. Operasi aljabar tersedia untuk tipe data, tupel, catatan, dan tipe nominal dan juga untuk operasi yang mencakup proyeksi, multi-pembaruan dan penggabungan. Operasi data aljabar massal dimulai dengan pembacaan massal dan pembaruan nilai data di Bosque.
  8. Bosque datang dengan dukungan kelas satu untuk mengekspresikan berbagai invarian, pernyataan diagnostik, dan pemeriksaan kewarasan.

Bahasa pemrograman Bosque saat ini hanyalah sebuah eksperimen dalam desain yang teregulasi untuk siklus hidup pengembangan perangkat lunak yang dibantu dengan cepat dan andal.

Microsoft yang sudah populer untuk memproduksi bahasa seperti C #, F #, dan TypeScript, kini telah menambahkan Bosque sebagai bahasa pemrograman terbaru.

Jika kamu tertarik, kamu dapat menemukan dokumentasi Bosque dan contohnya di repositori GitHub resminya.

Sumber : https://www.technotification.com/2019/04/microsoft-launches-bosque-programming-language.html

Post a Comment for "Bahasa Baru Bosque dari Microsoft : Mengutamakan Bahasa yang Simple"