Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting


Mungkin diantara kalian ada banyak yang belum mengetahui perbedaan antara Cloud hosting virtual private server dan juga shared hosting dan ketika kalian akan memilih layanan hosting kalian kebingungan.

Dan juga ketika kalian mencari di Google dengan mengetikan keyboard hosting di sana tentunya akan ada banyak jawaban yang hal ini akan membuat kalian bingung sebenarnya kalian akan menggunakan hosting apa.

Di sini ini kalian akan mendapatkan banyak sekali pertanyaan di kepala kalian apakah jenis hosting yang akan cocok pada website kalian dan juga ketika kita memilih untuk membeli atau menyewa salah satu hosting di atas tanpa tahu Apa saja kegunaan ataupun pintunya tentu saja kita akan salah memilih.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami akan mencoba untuk membahas tentang Perbedaan Cloud hosting, VPS, dan Shared Hosting, bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja perbedaan dari ketiga hosting tersebut kalian bisa menyimak pembahasannya di bawah.

Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting 

Sebenarnya perbedaan dari ketiga hosting tersebut bisa dibilang cukup signifikan jadi ketika kalian salah memilih tentunya hosting yang telah kalian beli tidak akan bisa kalian gunakan untuk website kalian contohnya, adapun bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja perbedaan dari ketiganya kalian bisa menyimak pembahasannya sebagai berikut :

Cloud Hosting 

Untuk yang pertama adalah Cloud hosting bagi kalian yang belum tahu Cloud Hosting merupakan sebuah tipe hosting yang dimana sumber daya ataupun resort yang digunakan dalam Hosting ini yaitu server fisik yang terpusat, yang di mana beberapa server tersebut akan berjalan secara bersamaan ataupun sering orang-orang bilang dengan istilah cluster.

Dengan menggunakan Cloud hosting ini kalian bisa untuk membuat sebuah mesin Virtual yang tidak memiliki batas menggunakan hosting ini dan juga ketika kalian ingin menambah resort ataupun menguranginya kalian akan bisa melakukannya dengan mudah, adapun kelebihan dan juga kekurangan dari Cloud hosting ini kalian bisa melihatnya di bawah.

Kelebihan 

  1. Untuk kelebihannya sendiri yang pertama kode hosting menggunakan beberapa server yang di mana jika kita mengalami ataupun server mengalami masalah kita tidak perlu repot-repot membackup nya karena server itu sendiri yang akan mem-backup kan data kita. 
  2. Yang kedua adalah dengan menggunakan server ini kita akan dapat menghemat biaya dan jumlah tenaga kita. 
  3. Yang ketiga adalah untuk menggunakan Cloud hosting kita tidak memerlukan kemampuan teknis sama sekali karena closing ini bersifat fully managed.
Kekurangan 
  1. untuk kekurangannya sendiri kalau hati ini hanya memiliki kekurangan dalam segi biaya itu lebih mahal daripada yang lainnya.

Virtual Private Server 

Selanjutnya adalah virtual private server ataupun VPS, bedanya dengan kode hosting virtual private server ini hanya menggunakan satu server fisik yang akan menjadi sumber dayanya yang di mana satu server tersebut akan dibagi lagi menjadi beberapa bagian server virtual, yang di mana masing-masing bagian tersebut akan dapat berjalan secara dedicated server.

Virtual private server sendiri bisa dibilang mirip dengan shared hosting akan tetapi perbedaannya hanya terletak pada sumber daya yang tersedia pada server tersebut, dan ketika kita membeli ataupun menggunakan private server kalian hanya akan menggunakan server tersebut khusus untuk kalian saja dan tidak ada gangguan lain dari orang lain, adapun kelebihan dan kekurangan dari virtual private server adalah sebagai berikut :

Kelebihan 
  1. Keunggulan yang pertama dari virtual private server adalah dalam segi keamanan bisa dibilang terjamin karena setiap hal ini akan dikelola secara langsung oleh pemilik virtual private server itu sendiri, dan juga virtual private server ini bisa dibilang lebih ketat daripada server-server yang lain. 
  2. kelebihan yang kedua adalah kalian akan mendapatkan akses root yang di mana hal ini akan menguntungkan kalian dalam melakukan berbagai konfigurasi pada server kalian sesuai kebutuhan 
  3. Yang terakhir keunggulan dari virtual private server adalah kalian akan dapat meningkatkan sebuah kapasitas pada virtual private server itu sendiri jika dirasa kalian membutuhkan kapasitas yang lebih kalian bisa meningkatkannya.
Kekurangan 
  1.  Adapun untuk kekurangannya virtual private server ini ini akan membutuhkan pengetahuan ataupun ilmu yang lebih ketika kita akan menjalankannya karena virtual private server ini dijalankan pada sistem operasi Linux sehingga bisa dibilang lebih rumit. 
  2.  Yang kedua adalah terletak pada biaya yang lebih mahal bahkan virtual private server ini bisa dibilang yang termahal jika kita bandingkan dengan biaya Cloud hosting dan juga shared hosting

Shared Hosting 

Yang terakhir adalah Shared Hosting, untuk Shared Hosting sendiri bisa dibilang merupakan layanan yang paling populer dibandingkan dengan kedua hosting di atas, hosting ini juga bisa dibilang cocok bagi kalian yang pertama kali ingin membuat website ataupun blog karena cakupan dari hosting ini bisa dibilang lebih kecil daripada hosting lainnya yaitu virtual private server dan juga Cloud hosting.

Untuk shared hosting juga bisa digunakan secara berbarengan oleh banyak pengguna secara sekaligus yang dimana memungkinkan para pengguna dari hosting ini untuk membagi resort dan juga penyimpanan dari server itu secara berbarengan.

Adapun bila kita gambarkan di kehidupan nyata shared hosting ini ibarat kan kita menyewa sebuah apartemen yang di mana didalamnya para penghuninya akan berbagi sebuah kamar yang sama dalam satu bangunan apartemen tersebut, adapun kelebihan dan kekurangan dari hosting ini kalian bisa menyimak pembahasannya di bawah.

Kelebihan 
  1.  untuk kelebihan yang pertama tentu saja adalah dalam segi harga yang bisa dibilang lebih terjangkau daripada ke-2 hosting lainnya 
  2.  dan untuk kelebihan yang kedua adalah dalam segi keamanan dan juga perbaruan serta dalam masalah pengelolaan server hosting ini dilakukan langsung oleh penyedia hosting tersebut.
Kekurangan 
  1. Untuk kekurangannya yang pertama shared hosting ini terkadang memiliki akses yang lambat kepada website karena hal ini disebabkan oleh banyaknya website yang berjalan pada server hosting yang sama. 
  2. Yang kedua adalah posting ini bisa dibilang memiliki banyak batasan untuk para penggunanya serta tidak hanya itu pembatasan juga ada pada sumberdaya hosting ini. 3. yang ketiga dan yang paling fatal adalah ketika server tersebut mengalami gangguan baik itu disebabkan oleh gangguan seperti overload maka para pengguna dari server ini akan mendapatkan dampak yang sama secara menyeluruh.
Penutup 
Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini tentang Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca dan juga semoga bisa menambah ilmu baru tentang pengetahuan dalam ranah hosting, akhir kata terima kasih!

Post a Comment for "Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting"