Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE VISE KRITERIJUMSKA OPTIMIZACIJA I KOMPROMISNO RESENJE (VIKOR)

 Berikut ini adalah source code SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE  VISE KRITERIJUMSKA  OPTIMIZACIJA I KOMPROMISNO RESENJE  (VIKOR) yang dibuat oleh sutari.

ABSTRAK

Beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Terdapat beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), Bidikmisi pengganti, dan Bank Indonesia di Prodi Pendidikan Informatika – Universitas Trunojoyo Madura. Sistem seleksi penerima beasiswa PPA dan Bidikmisi pengganti yang digunakan masih secara manual. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah membuat aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan metode VIKOR berbasis web. Penelitian ini menggunakan model waterfall dengan langkah-langkah yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengkodean dan Pengujian. Fitur-fitur yang dihasilkan dari penelitian pengembangan adalah pendaftaran mahasiswa secara online, proses perhitungan VIKOR, dan hasil rekomendasi penerima beasiswa. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan Framework Laravel. Hasil pengujian menunjukkan persentase untuk uji ahli sistem dengan persentase 100% (Sangat baik), ahli desain web dengan persentase 81,5% (Sangat layak), pengguna web dengan persentase 88.896% (Sangat layak). Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa metode VIKOR dapat digunakan untuk membantu proses seleksi yaitu hasil rekomendasi penerima beasiswa dengan metode VIKOR sama dengan hasil berdasarkan data penerima beasiswa dari prodi Pendidikan Informatika, sehingga metode VIKOR dapat dijadikan sebagai solusi kompromi dalam menangani permasalahan yang multikriteria.











Jurnal bisa di download di bawah ini :


Jika ingin mendapatkan source code silahkan email : sutari505@gmail.com

9 comments for "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE VISE KRITERIJUMSKA OPTIMIZACIJA I KOMPROMISNO RESENJE (VIKOR)"